Minggu, 20 Mei 2012

SEDIMENTASI

Sedimentasi adalah suatu proses pengendapan material yang ditransport oleh media air, angin, es, atau gletser di suatu cekungan. Delta yang terdapat di mulut-mulut Sungai adalah hasil dan proses pengendapan material-material yang diangkut oleh air sungai, sedangkan Bukit Pasir (sand dunes) yang terdapat di Gurun dan di tepi Pantaiadalah pengendapan dari material-material yang diangkut oleh angin.
Sedimentasi diartikan dalam banyak arti dan dari banyak ilmuwan. Salah satunya adalah Pettijohn. Ia mendefinisikan sedimentasi sebagai proses pembentukan sedimen atau batuan sedimen yang diakibatkan oleh pengendapan dari material pembentuk  atau asalnya pada suatu tempat yang disebut dengan lingkungan pengendapan berupa sungai, muara, danau, delta, estuaria, laut dangkal sampai laut dalam.

Proses Sedimentasi



Dalam suatu proses sedimentasi, zat-zat yang masuk ke laut berakhir menjadi sedimen. Dalam hal ini zat yang ada terlibat proses biologi dan kimia yang terjadi sepanjang kedalaman laut. Sebelum mencapai dasar laut dan menjadi sedimen, zat tersebut melayang-layang di dalam laut. Setelah mencapai dasar lautpun, sedimen tidak diam tetapi sedimen akan terganggu ketika hewan laut dalam mencari makan. Sebagian sedimen mengalami erosi dan tersusfensi kembali oleh arus bawah sebelum kemudian jatuh kembali dan tertimbun. Terjadi reaksi kimia antara butir-butir mineral dan air laut sepanjang perjalannya ke dasar laut dan reaksi tetap berlangsung penimbunan, yaitu ketika air laut terperangkap di antara butiran mineral.
Proses sedimentasi pada batuan sedimen klastik terdiri dari 2 proses, yakni proses sedimentasi secara mekanik dan proses sedimentasi secara kimiawi.
·         Proses Sedimentasi Mekanik
Proses sedimentasi secara mekanik merupakan proses dimana butir-butir sedimen tertransportasi hinggadiendapkan di suatu tempat. Proses ini dipengaruhi oleh banyak hal dari luar. Transportasi butir-butirsedimen dapat dipengaruhi oleh air, gravitasi, angin, dan es.Dalam cairan, terdapat dua macam aliran,yakni laminar (yang tidak menghasilkan transportasi butir-butir sedimen) dan turbulent (yangmenghasilkan transportasi dan pengendapan butir-butir sedimen).Arus turbulen ini membuat partikelatau butiran-butiran sedimen mengendap secara suspensi, sehingga butiran-butiran yang diendapkanmerupakan butiran sedimen berbutir halus (pasir hingga lempung). Proses sedimentasi yang dipengaruhioleh gravitasi dibagi menjadi 4, yakni yang dipengaruhi oleh arus turbidit, grain flows, aliran sedimencair, dan debris flows. Arus turbidit dipengaruhi oleh aliran air dan juga gravitasi. Ciri utama pengendpan oleh arus ini adalahbutiran lebih kasar akan berada di bagian bawah pengendapan dan semakin halus ke bagian ataspengendapan. Grain flows biasanya terjadi saat sedimen yang memiliki kemas dan sorting yang sangat baik jatuh pada slope di bawah gravitasi. Biasanya sedimennya membentuk reverse grading. Liquifiedsediment flows merupakan hasil dari proses liquefaction. Sedangkan debris flows, volume sedimenmelebihi volume ar, dan menyebabka aliran dengan viskositas tinggi. Dengan sedikit turbulens, sortingdari partikel mengecil dan akhirnya menghasilkan endapan dengan sorting buruk.
·         Proses Sedimentasi Kimiawi
Proses sedimentasi secara kimiawi terjadi saat pori-pori yang berisi fluida menembus atau mengisi pori-pori batuan. Hal ini juga berhubungan dnegan reaksi mineral pada batuan tersebut terhadap cairan yangmasuk tersebut. Berikut ini merupakn beberapa proses kimiawi dari diagenesis batuan sedimen klastik,:
-Dissolution (pelarutan), mineral melarut dan membentuk porositas sekunder.
-Cementation (Sementasi), pengendpan mineral yang merupakan semen dari batuan, semen tersebut diendapkan pada saat proses primer maupun sekunder.
-Authigenesis, munulnya mineral baru yang tumbuh pada pori-pori batuan
-Recrystallization, perubahan struktur Kristal, namun kompsisi mineralnya tetap sama. Mineral yang biasaterkristalisasi adalah kalsit.
-Replacement, melarutnya satu mineral yang kemudian terdapat mineral lain yang terbentuk danmenggantikan mineral tersebut -compaction (kompaksi)
-bioturbation (bioturbasi), proses sedimentasi oleh hewan (makhluk hidup)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar